Archives

  • Find Us on Facebook
  • Google+-Logo.jpg
  • Follow Us on Twitter

Kunjungan ke Yayasan Makna Bakti

Di siang yang panas dan terik Kamis, 27 Jan 2010, manajemen Prime Plaza Hotels & Resorts mengunjungi Makna Bakti yang berlokasi di Jalan Dakota V Kebon Kosong Kemayoran Jakarta.

Melewati perumahan kumuh dan tumpukan sampah dimana-mana, kedatangan kami disambut oleh Bapak Makno Suyitno selaku pendiri Makna Bakti.
Beliau memperkenalkan kami kepada para lansia yang kemudian menyuguhkan nyanyian dan lakon sandiwara kleting kuning dengan keceriaan seperti anak kecil.
Pak Makno, dengan logat Jawa yang kental menjelaskan bahwa lansia – lansia disini dilatih untuk selalu bergerak dan berpikir sehingga mereka menjadi lebih sehat, senang dan tidak cepat pikun.

Dalam perbincangan kami di ruangan terpisah, pensiunan Dinas Sosial 14 tahun yang lalu ini menuturkan kisah hidupnya secara singkat kepada kami.
Beliau yang tidak pernah merasakan kasih sayang orang tua sejak usia 11 bulan ini, memutuskan untuk mendirikan Makna Bakti sejak empat tahun yang lalu setelah ia sembuh dari penyakit yang dideritanya selama 12 hari di ICU.
Dalam pergumulannya antara hidup dan mati, Pak Makno merasa amat sedih karena ia merasa belum berbuat banyak bagi sesama. Di saat Tuhan memberikan kesempatan  sembuh kepada Pak Makno yang sekarang telah berusia 70 tahun, ia mengupayakan seluruh harta pribadi, pikiran dan tenaganya untuk mendirikan Makna Bakti yang sekarang telah menaungi 65 anak cacat dan 42 anak yatim lengkap dengan TK, SLB dan SMP-nya. Sekaligus memberikan nasi dan lauk pauk ala kadarnya kepada 200 – 300 lansia yang datang setiap minggunya.

Dengan hati sesak menahan haru, Pak Makno juga menyiratkan kepada kami tentang kebahagiaan yang didapatnya dengan cara membahagiakan orang lain. Dengan donatur yang kadang ada - kadang tidak, Pak Makno menjual barang-barang pribadinya untuk selanjutnya dibelikan beras bagi para lansia. Beliau mempraktekkan konsep 4 S di dalam hidupnya yaitu Senyum, Sapa, Senang dan Sabar. Dengan lugu beliau juga mengungkapkan isi hatinya bahwa donasi yang telah mereka terima akan digunakan untuk mengajak para lansia ini jalan – jalan ke Cibubur. Dan di saat harus pamit pulang, air mata yang sejak tadi kami tahan-tahan akhirnya harus berderai juga.

“Prime Plaza Hotels & Resorts mendukung kehadiran panti atau yayasan sosial yang telah membaktikan diri, menampung, membina dan menjadi rumah bagi siapapun dari kalangan tidak mampu,” jelas Flaviana Ratnasari, Direktur Pemasaran Prime Plaza Hotels & Resorts. Lanjutnya, “Dengan beragam program pemberdayaan yang kerap digiatkan dalam panti atau yayasan sosial tersebut, Prime Plaza Hotels & Resorts mencoba memberikan kontribusi terbaik untuk mendukung anak yatim dan anak cacat dalam menggali potensi. Juga bagi para lansia ini agar mendapatkan kebahagiaan utuh sampai akhir hayatnya.”

Pak Makno lewat kesehariannya rela memberikan harta kepada orang yang kurang mampu walaupun beliau sendiri jauh dari berkecukupan.
Dengan kasih, Pak Makno mampu bertahan hidup dan akhirnya memperoleh pemahaman jelas tentang makna hidupnya.
Kasih juga mampu membuat Pak Makno rela berkorban dan melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati.
Kasihlah yang pada akhirnya mampu membuat Pak Makno dan orang-orang sekitarnya menjadi bahagia. Bagaimana dengan kita?

Flaviana Ratnasari, DOSM Prime Plaza Hotels bernyanyi bersama para lansia

back to previous page

By Hotel Name
By Region
By City
By Brand

Select our hotels & resorts